Thursday, May 17, 2012

Cara Memperoleh Kebahagiaan Hidup


“Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megahan antara kamu serta berbangga-banggaan dengan banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.” [Al Hadid: 20]

“Barangsiapa yang mengerjakan amal shalih, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” [An Nahl: 97]

Beberapa hal yang perlu diamalkan dalam meraih ketenangan hati (kebahagiaan hidup seorang muslim, red.), disamping yang telah disebutkan di atas, adalah:
1. Memperbanyak dzikir (mengingat Allah) kepada Allah.
2. Menyebut-nyebut kenikmatan yang Allah karuniakan dengan lisannya.
3. Mengambil pelajaran dari kondisi orang yang di bawahnya dalam hal kenikmatan.
4. Berbuat baik kepada sesama makhluk dengan ucapan, perbuatan dan segala macam kebaikan.
5. Berkonsentrasi dalam melakukan amalan yang dilakukan pada hari ini dan jangan terlalu memikirkan (risau) terhadap waktu yang akan datang serta tidak boleh bersedih dari waktu yang telah berlalu.
6. Berusaha untuk menolak sebab-sebab yang mendatangkan kesedihan, gundah-gulana dan yang semacamnya dengan cara melupakan segala pengalaman pahit yang pernah terjadi.
7. Banyak berdoa kepada Allah agar diringankan segala beban dunia dan diperbaiki segala urusan.
8. Menyandarkan hati hanya kepada Allah dan bertawakal kepada-Nya.

0 comments:

Post a Comment